About Marriage · Cumi Teri Journey · Digest · Life · Mom & Dad To Be

My Pregnancy Reading (beside One Piece comic!) 

Hai halo! Hari ini lagi selow banget jadi bisa update blog post 2x hahahaha #achievement.

Menyambut kedatangan Baby Z (please hurry, Son, mommy‘s engap already xD), saya rapel baca buku mengasuh bayi sudah kaya mau ujian. Panic attack lol. Anw cerita sedikit, tahun lalu saya sempat semangat banget mau ikutan 2017 Goodreads Reading Challenge, dengan target membaca 30 buku dalam setahun. Kenyataannya boro-borooo hahahahah. Lagi-lagi saya failed. Alasan utamanya: sayang beli buku, mending uangnya ditabung buat kebutuhan Dedek Bayi :p

Etapi saya beli buku-buku soal pregnancy dan merawat bayi kok… Please dont judge me hahaha. Meskipun memang nggak banyak juga, karena lebih banyak baca artikel kehamilan di web atau blog orang (karena gratis lol). Ini dia buku yang saya baca berulang-ulang selama 9 bulan terakhir:

1. 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta, Dibuai Penuh Harap – dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG

Sebagai referensi kehamilan, buku ini cukup komprehensif. Di buku ini dijelaskan dari mulai proses pembuahan, apa-apa yang terjadi pada ibu dan bayi selama kehamilan, proses melahirkan, hingga perawatan newborn. Ada tips-tips menjaga kehamilan, apa-apa yang perlu dihindari dan diwaspadai, sex during pregnancy (penting), dan pregnancy FAQ. Bahasanya juga ringan dan dilengkapi ilustrasi serta diagram.

2. Mommyclopedia, Panduan Lengkap Merawat Bayi 01 Tahun – dr. Meta Hanindita, Sp.A

Ini hampir tiap hari saya baca saking parno nanti nggak bisa mengurus Dedek dengan baik xD. Sudah dibaca berkali-kali pun masih aja lupa isinya hahaha. Doakan semoga saat Dedek lahir nanti, ada isi buku ini yang nyantol ya x’))

Buku ini enak banget dibaca. Isinya lebih berupa poin-poin dengan ilustrasi dan layout yang gemas. Di hampir setiap halaman disertakan QR Code yang bisa di-scan dengan apps Mommyclopedia (bisa diunduh di apps store) jika kita butuh informasi lebih lengkap. Saya juga suka karena penulis melampirkan contoh real dan cara penanganannya, misalnya, apa yang harus dilakukan kalau bayi tersedak. Cocok jadi buku pintar buat emak-emak newbie.

3. Imunisasi Lumpuhkan Generasi? – dr Saifudin Hakim dkk

Beberapa bulan ini lagi marak-maraknya pro kontra soal vaksin (karena program Vaksin MMR dan kasus kejadian luar biasa difteri belum lama ini). Saya beli buku ini sewaktu vaksin MMR lagi ramai-ramainya dibicarakan. Dan alhamdulillah, saya bersyukur banget ternyata setelah dibaca saya jadi makin yakin soal hukum vaksin dalam Islam, dan jadi terbuka matanya bahwa segala propaganda antivaks itu hoax! Insya Allah Baby Z nanti full vaksin!

Oiya tim penulis buku ini segambreng, karena buku ini dibuat sebagai sanggahan atas tuduhan antivaks. Ada dokter, vaksinolog, dokter spesialis saraf, psikolog, dan tentunya ustadz syar’i. Insya Allah semua kompeten di bidangnya. Masing-masing bab menyanggah tuduhan antivaks dari sisi yang berbeda. Wajib baca.

4. Vaksinasi Mudah dan Bermanfaat – dr. Raehanul Bahraen

Dr. Raehanul juga salah satu tim penulis buku ‘Imunisasi: Lumpuhkan Generasi?’. Beliau juga ustadz, kebetulan saya dan Mas Cumik pernah datang ke kajian beliau. Setelah membaca buku ini juga makin yakin vaksinasi adalah ikhtiar yang insya Allah diperbolehkan di Islam.

Done. Cuma segitu doang buku yang saya beli hahaha. Selain itu saya juga baca-baca website:

  • whattoexpect.com. Ini versi digital dari seri buku ‘What To Expect When You’re Expecting’ – Heidi Murkoff, alias holy book-nya emak-emak sejagad. Di web ini juga ada kategori fase umur yang lain seperti first year atau toddler. Dalam web ini juga dibahas perkembangan janin serta perubahan fisik dan psikis ibu minggu demi minggu, dengan bahasa yang mudah dipahami.
  • majalah dan tabloid parenting seperti AyahbundaMother And BabyNakita, atau The Asian Parent.
  • Blog-blog random hasil googling :p (ini harus selektif yaaa. Nggak semua yang di-share di blog itu valid dan reliable. Pintar-pintarnya kita aja)
  • Feed dan timeline selebgram dan influencer xD (again, ini juga harus selektif. Saya selama hamil ini rajin buka timeline dokter-dokter kenamaan meski fotonya nggak aesthetic. Yang penting dapat elmuuu)

Selain itu agar tetap waras, jangan lupa baca buku favorit sebagai selingan. Kalau saya sih, selain novel, baca online komik One Piece tiap minggu hahaha.

Dan yang paling penting dari semua, banyak baca Kitab Suci! Karena saya muslim, saya ngaji hampir tiap hari sambil elus-elus perut. Minimal khatam Quran sekali lah dalam 9 bulan. Saya pengen Baby Z akrab dengan ayat-ayat Tuhan sedari kecil 😀

Kalau kalian baca apa gaes? Mau dong masukannya biar saya juga dapat ilmu tambahan lagi 😀

Cheers!

Leave a comment